Puskesmas Sindang Jaya Adakan Pemeriksaan Kadar Hb Pada Siswi SMA PGRI Sindang Sono

Puskesmas Sindang Jaya Adakan Pemeriksaan Kadar Hb Pada Siswi SMA PGRI Sindang Sono

Smallest Font
Largest Font

LINK BERITA.WEB.ID.KAB. TANGERANG - UPTD Puskesmas Sindang Jaya, Adakan pemeriksaan kadar Hemoglobin (Hb) darah pada siswi SMA PGRI Sindang Sono untuk kelas 10 MIPA dan IPS, Selasa (12/9/2023) bertempat di Ruang Kelas.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya remaja putri. Selaras dengan hal tersebut, siswi SMA PGRI Sindang Sono diminta untuk diperiksa kadar Homoglobin (Hb) darahnya oleh petugas Puskesmas yang berjumlah 4 orang.

Menurut salah seorang petugas Drg.Iradatul Hasanah tujuan pemeriksaan hemoglobin kepada siswa SMA PGRI Sindang Sono untuk mengukur kadar hemoglobin yang ada dalam tubuhnya. “Selain itu tujuan pemeriksaan hemoglobin sebagai deteksi dini terhadap adanya gejala anemia secara umum,” katanya.

Lanjut Drg.Iradatul Hasanah, remaja putri mengalami fase menstruasi setiap satu bulan dan ditambah pertumbuhannya yang pesat, maka diperlukan asupan zat gizi yang kuat dan seimbang. Salah satunya mengandung zat besi, karena jika tubuh kekurangan dalam darah dapat berisiko terkena anemia atau kekurangan darah. “Jadi mengakibatkan kekurangan hemoglobin dalam darah, karena kurangnya oksigen yang ditransfer ke sel tubuh maupun otak,” tegasnya

Ditambahkan Drg.Iradatul Hasanah, Gejala anemia yakni letih, lesu, lemah, lelah, dan lalai. Pada anak atau remaja, dapat menurunkan kecerdasan serta prestasi belajar, maka disarankan, siswa SMA PGRI Sindang Sono, agar menjaga asupan gizi seimbang. “Utamakan makan daging, ikan, sayuran hijau,” ujarnya.

Drg.Iradatul Hasanah mengharapkan agar siswa SMA PGRI Sindang Sono, memeriksakan kadar Homoglobin ( Hb ) agar dapat mengetahui HB masing-masing. “Dan jika di usia remaja putri kekurangan kadar HB itu akan berakibat pada gangguan otak sehingga aktivitas belajar siswi menurun yang pada akhirnya dapat merugikan diri siswi itu sendiri,” pungkasnya.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Marinan Author